Kamis, 28 Januari 2010

Ayam Suwir (pelengkap Nasi Kuning)



Hari Senin pas jemput anakku, ibu guru bilang, minta tolong bikinin nasi kuning. Nasi kuning dan lauk pauknya ini adalah penutup untuk tema Petani yang sudah berjalan 2 minggu ini. Pesan dari bu guru, tolong buatkan nasi kuning, ayam suwir, telor dadar, tempe orek, timun dan krupuk.
Eh senengnya aku........, seneng aja, dapet kepercayaan, Kata bu guru pertimbangan aku yang bikin karena aku gak ngofice...., oke deh bu, aku mo ngofice di dapur aja.,

Udah tanya temen2 resep ayam suwir, banyakan kok pedes, dapet resep dari dapur Ike, pake santen, cari2 lagi sampe dapet yang gak pedes dan gak pake santen., Ini resepnya:

BAHAN :

1 dada ayam tanpa kulit

2 siung bawang putih

1 sdm ketumbar sangrai

2 cm kunyit

4 sdm lengkuas parut

Garam secukupnya

1 sdt asam jawa + 3 sdm air

2 sdm gula merah irisan

2 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk purut

1 btg serai, memarkan

4 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT :

1. Masak ayam dengan bawang putih, ketumbar, kunyit halus, lengkuas, garam, air asam, gula dengan 2 gelas air, salam, daun jeruk, serai.

2. Masak sampai empuk. Angkat. Suwir - suwir. Masak sampai kering sambil diaduk dengan minyak.

3. Masak sampai kering kecoklatan.

Rasa akhir enakkkkkkk, artinya bakal dimasak masak lagi,

Kalo tempe orek aku gak ngerti ngertiku kering tempe, isinya kacang tanah goreng, tempe goreng sama teri goreng...., Kunci bikin kering tempe gak mlepem, pas manasin bumbu dan gula sampe airnya habis, gulanya dah kentel banget kayak karamel, kalo kata ibuku " moto ulo" Insya Allah si kering gak melempem deh....,

Seneng bikin nasi kuning ditumpengin, seneng ternyata, pengen kursus jadinya hehehhehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar